Thursday, May 16, 2013

Winai Dahlan Kunjungi Kampung Halaman Kakeknya

Senin, 22 April 2013
Cakra Aminuddin

Yogyakarta - Dalam rangka mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai akar dan sejarah keluarganya, cucu KH Ahmad Dahlan, Prof. Dr. Winai Dahlan, didampingi 23 orang dari Thailand — 10 orang di antaranya adalah cicit dan 2 oang canggah KH Ahmad Dahlan — berkunjung ke kampung halaman orang tua dan kakeknya di Kauman Yogyakarta.

Kakeknya merupakan seorang pendiri organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah. Prof. Winai Dahlan mengawali kunjungannya dengan mendatangi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (15/4). Kemudian menghadiri acara Soft Launching “Ensiklopedi Muhammadiyah” di  Asri Medical Center (AMC), Selasa (16/4).

Cucu KH Ahmad Dahlan yang juga Direktur Halal Science Center, Chulalongkorn University, Bangkok -Thailand ini, menceritakan bahwa dirinya adalah anak dari Irfan Dahlan yang merupakan anak KH Ahmad Dahlan dengan Siti Walidah — yang dikenal dengan sebutan Nyai Dahlan — seorang Pahlawan Nasional dan pendiri pergerakan Aisyiyah.

Winai Dahlan datang ke Yogyakarta untuk mengenali kembali keluarga yang hilang. Karena ada seorang ilmuwan di Thailand yang mengatakan bahwa dirinya adalah cucu seorang tokoh besar di Indonesia.

“Oleh karena itulah saya datang ke Yogyakarta,” ungkap Prof. Winai.

Ia juga masih ingat kata-kata yang diucapkan oleh ayahnya Irfan Dahlan, ketika masih hidup: sejauh-jauhnya orang Muhammadiyah itu pergi, pada akhirnya akan kembali pada Muhammadiyah juga.
Untuk mewujudkan apa yang dikatakan ayahnya, Prof. Winai kemudian mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia, seperti UMY dan UM Malang.

“Kami, keluarga Muhammadiyah di Thailand juga berharap bisa membantu warga Muhammadiyah di sini. Agar kami juga dapat berbagi ilmu pada sesama,” pungkasnya.

http://muhammadiyahdiy.or.id/opini/baca/228/winai_dahlan_kunjungi_kampung_halaman_kakeknya

No comments:

Post a Comment