Friday, January 3, 2020

Ahmadiyah and Islamic Revivalism in the Twentieth Century Java, Indonesia: A Neglected Contribution

APA KONTRIBUSI AHMADIYAH KE INDONESIA?
Bbrp org menyebut Ahmadiyah sbg benalu, kanker, & sebutan negatif lain. Berbeda dg itu, Howard Federspiel (2001) & Justus van der Kroef (1962) menulis bahwa Ahmadiyah berkontribusi pada "revival of Islam" (kebangkitan Islam) & modernisme Islam di Indonesia.
Artikel berikut ini bermaksud untuk (1) mempelajari peran Ahmadiyah dalam kebangkitan Islam di Indonesia pada paruh pertama abad ke-20; (2) menggambarkan perbedaan antara inteligensia Muslim yang berpendidikan Arab dan Belanda dalam melihat Ahmadiyah; dan (3) menguraikan daya tarik Ahmadiyah bagi intelektual Muslim dan peran gerakan ini dalam revivalisme Islam.
Ahmad Najib Burhani. 2020. “Ahmadiyah and Islamic Revivalism in the Twentieth Century Java, Indonesia: A Neglected Contribution”, in Alternative Voices in Muslim Southeast Asia: Discourse and Struggles, eds. Norshahril Saat & Azhar Ibrahim, pp. 199-220 (Singapore: ISEAS).
Buku ini penting dibedah, bersanding dg "Contentious Belonging: The Place of Minorities in Indonesia" (ISEAS 2019), "Menemani Minoritas" (Gramedia 2019), & "Dilema Minoritas di Indonesia" (Gramedia 2020)






Pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, duduk berdampingan dengan R. Ng. H. Djojosugito, pendiri Gerakan Ahmadiyah Indonesia. Ketika itu Djojosugito masih menjadi tangan kanan Ahmad Dahlan dan pengurus Bagian Pendidikan Muhammadiyah.

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete